Magetan. – Babinsa Koramil 0804/08 Barat jajaran Kodim 0804/Magetan Sertu Juneidi Bersama Kakel Tebon Andre Setyo Nugroho,SE., Bhabinkantimas Aiptu Harjoto, Bidan Desa Bu Ayu, kader Bumil, Nakes UPTD Puskesmas Tebon, Staf Poli KIA Bu Anik dan Bumil Kel.Tebon mengadakan kegiatan Sosialisasi kelas Bumil di Balai pertemuan Kel.Tebon, Kec.Barat, Kab.Magetan. Rabu (31/7/2024)

 

Pentingnya para ibu hamil perlu tahu dan memahami secara baik tentang keadaan dirinya yang sedang hamil agar bayi dilahirkan dengan selamat dan sehat. banyak larangan untuk ibu hamil yang perlu ditaati, sebab jika tidak, bukan hanya ibu hamil sendiri yang bisa terkena dampak buruknya, tapi juga janin yang telah tumbuh berkembang di dalam kandungan, masa kehamilan merupakan momen yang membahagiakan bagi setiap ibu dan ayah namun dibalik kebahagian itu, ada tanggung jawab yang besar yang perlu dipikul.

 

Dalam sosialisasi yang ditujukan pada ibu hamil dan wanita usia produktif tersebut dari staf Poli KIA Bu Anik dari nakes UPTD Puskesmas Tebon selaku pemateri menyebutkan materi yang disampaikan adalah, Pemeriksaan kehamilan agar ibu dan janin sehat, Persalinan aman, nifas nyaman ibu selamat, bayi sehat, Pencegah penyakit komplikasi kehamilan, persalinan nifas agar ibu dan bayi sehat, Perawatan bayi baru lahir agar tumbuh kembang optimal, Sehat ibu hamil. Katanya

 

masalah yang terjadi pada masa kehamilan dapat berpotensi membahayakan ibu dan janin, masalah – masalah kesehatan seperti gizi yang buruk, hipertensi, infeksi atau sakit lainya (jantung,TBC, kanker, HIV dll) ini semua dapat mengarah rentan berpotensi terbesar dalam banyak kasus kematian pada ibu hamil.

 

Babinsa Koramil 0804/08 Barat Sertu Juneidi memberikan saran khususnya kepada ibu hamil agar selalu menjadi kesehatan pola hidup, pola makan, pola istirahat harus selalu dijaga hindari stres yang sangat buruk dampaknya bagi kejiwaan ibu dan janin, untuk para suami yang istrinya saat ini sedang hamil agar selalu memperhatikan dan memberikan kasih sayang kepada istrinya untuk melewati hari dimasa kehamilan sampai pada masa persalinan, cek rutin kesehatan kandungan istri yang sedang hamil di puskesmas, klinik bersalin agar tahu tumbuh kembangnya janin yang ada dikandungan istrinya. ujarnya

 

Selain Sosialisasi tersebut diadakan pula tes kesehatan gratis seperti pengecekan tekanan darah, gula, pemberian makanan tambahan gizi dan ojek ibu hamil dll, kemudian diadakan senam bagi ibu hamil agar para peserta dapat menjaga kesehatan dengan berolahraga rutin meski dalam keadaan hamil. Pungkas Sertu Juneidi (R 08)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.