Magetan. – Batuud Koramil 0804/08 Barat jajaran Kodim 0804/Magetan Peltu Sigit Setiono berperan aktif dalam acara Bersih Desa (Nyadran), Desa Manjung, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan. Selasa (30/7/2024)

 

Bersih Desa Slametan atau upacara adat Jawa memiliki makna spiritual yang bertujuan untuk mengungkapkan Syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang didapat dan memohon perlindungan dari hal-hal negatif dalam kehidupan sehari-hari agar desa terhindar dari roh jahat yang mengganggu maka disajikan sesaji diberikan kepada Danyang yang dipercaya sebagai penjaga sebuah desa.

 

Pada kesempatan itu Peltu Sigit Setiono mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan acara ini karena tujuan bersih desa adalah sebagai upacara adat memiliki makna yang sangat sakral yang harus dilakukan agar desa terhindar dari musibah dan memohon agar hasil panen berikutnya melimpah, bersih desa juga memuat tujuan solidaritas bentuk menjaga silaturahmi antar warga dan forkopimca di desa itu. ujarnya.

 

Kepala Desa Manjung Bu Linda Ekowati dalam sambutannya mengatakan tradisi bersih desa ini merupakan tradisi turun temurun yang perlu kita lestarikan dari para leluhur, diadakan acara sedekah bumi wujud rasa syukur kita kepada Gusti Allah adapun kegiatan bersih desa ini dilakukan dengan mengadakan selamatan syukuran ditempat-tempat yang di anggap sakral oleh masyarakat setempat yang konon menurut cerita dari nenek moyang tempat tersebut adalah tempat pejuang yang telah babat (buka) Desa tersebut.

 

Kegiatan bersih Desa Manjung di hadiri oleh Kepala Desa Manjung Bu Linda Ekowati, Sekcam Barat Bpk Prima, Batuud Peltu Sigit Setono, ketua RT dan RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat, ketua LPM berserta  jajarannya dan masyarakat Desa Manjung acara ini wujud kebersamaan yang di jalin oleh masyarakat Desa Manjung, semoga terselenggaranya acara ini ikatan kekeluargaan warga makin erat, harmonis dan guyup rukun.

 

Doa yang dipanjatkan semoga dikabulkan Allah SWT agar warga semua sehat selalu, diberi umur yang panjang, dijauhkan dari mara bahaya setelah acara Doa bersama diadakan acara Gambyong yang merupakan musik khas dari Jawa timur menambah meriahnya acara dan setiap warga boleh berjoget di iringgi oleh musik tersebut warga Desa Manjung semuanya larut dalam kebahagiaan. Pungkas Peltu Sigit Setiono(R 8)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.