Magetan. – Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Hasan Dasuki, S.Sos., menghadiri Kirab Gumolong Lampah Hastungkoro Berkah Bolu Rahayu yang digelar oleh Pemkab. Magetan. Kamis malam (11/7/2024)

Acara yang digelar di Alun-alun Magetan tersebut disambut meriah oleh ribuan warga Magetan, sebab setelah empat tahun vakum akibat pandemi, Festival Andum Berkah Bolu Rahayu yang digelar bersamaan dengan kirab lampah hastungkoro dan jamasan pusaka menambah suasana sakral menyambut perayaan  tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah di Magetan.

Festival Andum Berkah Bolu Rahayu ini, menjadi ajang penting untuk memperkenalkan bolu sebagai makanan khas dan warisan budaya Magetan, oleh karena itu harus dilestarikan setiap tahunnya.

Festival andum Bolu Rahayu ini dilakukan dengan menghias dan mengarak bolu dari Pendopo Surya Graha mengelilingi kota Magetan. Festival ini  dipercaya Masyarakat Magetan, bahwa siapa saja yang mendapatkan Bolu Rahayu akan mendapatkan berkah.

Dandim 0804/Magetan sangat mengapresiasi digelarnya Kirab Gumolong Lampah Hastungkoro Berkah Bolu Rahayu yang digelar oleh Pemkab. Magetan.

Ini merupakan langkah positif dalam melestarikan budaya dan kebersamaan masyarakat Magetan sekaligus memperkenalkan makanan khas Magetan kepada masyarakat luas.

Dandim berharap festival ini dapat digelar setiap tahunnya dan dikemas lebih menarik lagi untuk memberikan kesan yang mendalam bagi masyarakat. (MC0804)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.