Magetan. – Komandan Koramil Tipe B 0804/01 Magetan jajran Kodim 0804/Magetan dilaksanakan kegiatan Ziarah/Nyekar Makam Leluhur Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dalam rangka peringatan Malam 1 Syuro/Muharram 1446 H/2024 M, yang diikuti sekitar 700 Orang Warga dan Calon Warga PSHT bertempat di Makam Eyang Badini Dsn. Ndasun Ds. Ringinagung, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan. Minggu (07-07-2024)

 

Tanggal 1 Suro atau tahun baru Jawa akan jatuh pada Minggu (7/7/2024). Sejumlah daerah pun menyambut malam 1 Suro dengan berbagai upacara yang dimulai pada Sabtu (6/7) malam

 

Adapun peringatan malam 1 Suro kali ini diperingati jelang memasuki tahun 1958 Saka. Tanggal 1 Suro bertepatan dengan 1 Muharram 1446 H dalam kalender Islam.

 

Turut hadir dalam egiatan Apel ziarah dan Tabur Bungah dimakam mbah Badini dalam rangka rangkain memperingati tahun Baru 1 Muharram 1446 H  bertempat di Makam Mbah badini tersebut diantaranya AKBP Satria Permana, S.H., S.I.K., M.T., M.I.K (Kapolres Magetan),Kompol Arie Taufan Budiman, S.I.K, M.I.K (Waka Polres Magetan),Kompol Sini, S.H (Kabag Ops Polres Magetan),Bpk. Tri Sumanto (Anggota DPRD Kab. Magetan dari Fraksi parati Golkar),AKP Sony Suhartanto, S.H, M.H (Kasat Lantas Polres Magetan), Kapten Arm Khoirudin (Danramil Tipe B 0804/01 Magetan) beserta Anggota,AKP Ika Wardani, S.H (Kapolsek Magetan) beserta Anggota, Bpk Hadi Pramana / Ipong (Bendahara Korlap PSHT Magetan),Bpk. Triyana (Kades Ringinagung),Ketua Ranting dan Pendamping Peziarah,Warga Peziarah dari masing – masing Ranting,Calon warga baru dari masing – masing Ranting.

 

Dalam rangkaian ziarah tabur bunga itu, rombongan nampak khusuk berdo’a serta memberikan penghormatan dengan menaburi bunga di setiap makam Mbah Badini.

 

Kedatangan rombongan untuk berziarah di makam Mbah Badini ini untuk mendoakan serta memberikan penghormatan terhadap Sesepuh.

 

Disampaikan Danramil bahwa kegiatan Ziarah/Nyekar oleh warga PSHT maupun calon warga PSHT tersebut merupakan suatu tradisi Perguruan PSHT  yang dilaksanakan rutin setiap tahun sekali dalam rangka mengenang jasa dan ajaran para pendiri serta Sesepuh PSHT, selain itu juga untuk mempererat tali silaturahmi antar warga PSHT.

 

Bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ziarah makam para Pendiri dan Sesepuh PSHT tersebut merupakan kegiatan diluar Organisasi PSHT, namun dengan adanya kegiatan yang mengerahkan massa maka untuk pertanggung jawaban ada pada Ketua Ranting PSHT masing – masing.

 

Hasil koordinasi dan pemantauan kontinyu, selama pelaksanaan tradisi ziarah/nyekar makam warga PSHT tidak ditemukan hal yang menonjol baik sebelum, saat pelaksanaan sampai dengan selesai kegiatan. pungkas Kapten Arm Khoirudin(R 01)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.