Magetan.kodim-magetan.com – Guna mendukung program ketahanan pangan yang sudah dicanangkan pemerintah, Kodim 0804/Magetan berkolaborasi dengan Dinas Tanaman pangan dan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Magetan, dan Pemerintah Desa Botok mulai mengembangkan tanaman sorgum.

Pada tahap awal tanaman sorgum ini ditanam dengan luas kurang lebih 1 hektar dengan memanfaatkan lahan kosong milik Dinas Lingkungan Hidup di Desa Botok, Kec. Karas, Kab. Magetan. Senin (29/7/2024)

Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Hasan Dasuki, S.Sos., saat dikonfirmasi menyampaikan program pengembangan tanaman sorgum ini dapat menginspirasi petani di Magetan agar dapat menanam sorgum dan tanaman lainnya, “kata Dandim”.

Dandim menjelaskan, sorgum adalah tanaman termasuk dalam golongan serealia yang serba guna dan dapat digunakan sebagai pangan, pakan ternak dan bahan baku industri serta memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai bahan pangan pengganti padi.

“Dengan memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai bahan pangan pengganti padi, sorgum juga dikenal akan toleransinya terhadap cekaman abiotik khususnya pada kekeringan maupun cuaca panas,” jelasnya.

Dandim menegaskan, keterlibatan Kodim 0804/Magetan dalam upaya mendukung program ketahanan pangan ini adalah komitmen TNI AD melalui satuan dibawahnya termasuk Kodim 0804/Magetan untuk mendukung program pemerintah melalui sektor pertanian. (MC0804)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.