Magetan.  – Komandan Pos Koramil 08/Barat jajaran Kodim 0804/Magetan Peltu Nanang berperan aktif dalam acara Bersih Desa Ngelang Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. Selasa (2/7/24)

 

Bersih Desa yang diawali dengan Slametan atau upacara adat Jawa memiliki makna spitual yang bertujuan untuk mengungkapkan Syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang didapat dan memohon perlindungan dari hal-hal negatif dalam kehidupan sehari-hari agar desa terhindar dari roh jahat yang mengganggu maka disajikan sesaji diberikan kepada Danyang yang dipercaya sebagai penjaga sebuah desa.

 

Pada kesempatan itu Peltu Nanang mengucapakan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelenggarakan acara ini karena tujuan bersih desa adalah sebagai upacara adat memiliki makna yang sangat saklar yang harus dilakukan agar desa terhindar dari musibah dan memohon agar hasil panen berikutnya melimpah, bersih desa juga memuat tujuan solidaritas bentuk menjaga silaturahmi antar warga dan forkopimca di desa itu, ujarnya.

 

Kepala Desa Ngelang bapak Yudik dalam sambutannya mengatakan tradisi bersih desa ini merupakan tradisi turun temurun yang perlu kita lestarikan dari para leluhur, diadakan acara sedekah bumi adalah wujud rasa syukur kita kepada Gusti Allah (Tuhan yang maha esa), adapun kegiatan bersih desa ini dilakukan dengan mengadakan selamatan syukuran ditempat-tempat yang di anggap saklar oleh masyarakat setempat yang konon menurut cerita dari nenek moyang tempat tersebut adalah tempat pejuang yang telah babat (buka) Desa tersebut.

 

Kegiatan bersih Desa Ngelang di hadiri oleh Kepala Desa Ngelang bapak Yudik, Camat Kartoharjo diwakili Sekcam Ibu Malena maturina,S,STP,MS i, Kapolsek AKP Eko Supriyanto,SH, Danpos Kartoharjo Peltu Nanang, Babinsa  Serma Ali M,  ketua RT dan RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, ketua LPM berserta  jajarannya dan masyarakat Desa Ngelang. (R 08)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.