Magetan. Danramil 0804/01 Magetan Kodim 0804/Magetan Kapten Arm Khoirudin menghadiri pelaksanaan kegiatan bersih dusun bertempat di Dusun Banjarmlati Kelurahan Sukowinangun Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Jum’at (19/7/2024)

Bulan Muharam atau sering disebut orang Jawa sebagai bulan Suro diyakini sebagai bulan yang sakral, berbagai kegiatan tidak boleh dilakukan seperti Resepsi Pernikahan, Pindah rumah dan lain sebagainya.

Selain kegiatan yang dilarang, di bulan Suro juga ada kegiatan yang rutin dilakukan orang Jawa, seperti mengadakan Jamasan (Cuci Pusaka), ritual pergi ketempat keramat serta penghormatan pada leluhur masa lampau.

Seperti yang dilakukan oleh warga kelurahan Sukowinangun.Pelaksanaan bersih dusun ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT telah memberikan rejeki yang barokah hasil bumi melimpah ruah.

Dalam sambutannya Kapten Arm Khoirudin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dukuh Banjarmlati kelurahan Sukowinangun  yang antusias melaksanakan syukur sebagai bentuk menghormati leluhur kita yang telah berjuang mendirikan desa ini.

Harapan kami semoga budaya barikan bersih dusun ini selalu dijaga makna dan kelestariannya sehingga anak cucu kita nantinya mengetahui adat budaya Dusun Banjarmlati di kelurahan Sukowinangun yang harus dilestarikan, “Pungkas Kapten Arm Khoirudin”.(Red/01)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.