Magetan. Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama  (SMP) merupakan posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa. Usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan yang memadai untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-cita dimasa yang akan datang.

Seperti yang dilakukan oleh  Komandan Koramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Arif Wibowo memberikan materi wawasan kebangsaan (wasbang) kepada siswa-siswi SMP Negeri 2 Bendo, Kecamatan Bendo Kabupaten  Magetan, Senin (15/07/24).

Kapten Inf Arif Wibowo selaku Komandan Koramil 0804/Bendo  mengatakan, pemberian pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SMP materinya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SMP. Yaitu, dengan pola mengajak kembali untuk mengingat Luas wilayah negara serta perjuangan rakyat Indonesia dan perintis Kemerdekaan untuk mengusir dari belenggu penjajah.

“Selain itu juga dengan memahami makna Pancasila serta memahami isi UUD 1945 dan  menyanyikan lagu – lagu Nasional, penanaman nilai – nilai saling menghormati, kesetiakawanan, dan sopan santun, semangat gotong royong agar terus di pelihara dan di tingkatkan, ” jelasnya.

Danramil 0804/13 Bendo  juga  menuturkan bahwa dengan penyampaian materi wawasan kebangsaan, diharapkan tumbuh rasa bela negara dan cinta Tanah Air serta tertanam jiwa patriot, sehingga nantinya para siswa dapat menjadi generasi penerus y yang berkompeten dalam berperan serta untuk ikut menjaga kedaulatan dan keutuhan  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam kesempatan itu juga Kepala Sekolah SMPN 2 Bendo, Asmini Santi, S.Pd, M.Pd  mengucapkan banyak banyak terimakasih kepada Koramil 0804/13 Bendo yang telah memberikan Wawasan Kebangsaan terhadap anak didik kami dan semoga dengan adanya kegiatan wawasan kebangsaan ini siswa siswi mempunyai disiplin yang tinggi. (R.13)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.