Magetan. – Bertempat di Puskesmas Candirejo sebanyak kurang lebih 40 orang anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Kodim 0804, hadir dalam pemeriksaan  IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) dan Pap Smear ( Tes skrining yang dapat mendeteksi sel sel abnormal di serviks sebelum menjadi kanker). Selasa (27-8-2024)

 

Pemeriksaan  Pap Smear dan IVA tersebut  dalam rangka memperingati  HUT Kesehatan TNI AD ke- 79. Ketua persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Kodim 0804, Ny. Dika Hasan Dasuki, mengatakan, pemeriksaan Pap Smear dan IVA  adalah bentuk kepedulian tentang kesehatan reproduksi wanita  khususnya anggota persit Kodim 0804/Magetan, tujuan diadakan pemeriksaan ini untuk  mendeteksi dini dan menekan serta menurunkan jumlah penderitaan kanker servik.

 

“Para wanita tidak hanya tergerak secara mandiri dan sukarela melakukan deteksi dini, tapi juga menjadikan deteksi dini menjadi kebutuhan sehingga dapat mengambil langkah tepat untuk menindaklanjuti hasil Pemeriksaan”, ujar Nyonya Dika.

 

Untuk itu, Nyonya Dika berharap, dengan kegiatan pencegahan dan pengendalian melalui metode Pap Smear dan IVA dapat mencegah penyakit kanker. Deteksi dini penyakit kanker dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker serviks serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama Anggota Persit. Pungkas (MC0804)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.