Magetan. – Babinsa Kelurahan Selosari Koramil Tipe B 0804/01 Magetan jajaran Kodim0804/Magetan Koptu Dwi Santoso bersama Bidan Kelurahan Selosari melaksanakan kegiatan sosialisasi PSN guna mencegah DBD di wilayah kelurahan Selosari Kecamatan Magetan Kabupaten Magetan. Sabtu (28-9-2024)

 

Sosialisasi PSN dilakukan melibatkan Pemerintah Kelurahan setempat, Kader Kesehatan, Puskesmas Candirejo juga hadir Babinsa membaur bersama tim PSN.

 

Dijelaskan Kapten Arm Khoirudin mengungkapkan, Saat ini sudah mulai hujan, Karena itu sangat penting dilakukan sosialisasi pencegahan DBD dengan cara PSN.

 

PSN merupakan bentuk sinergitas untuk memutus perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti pembawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah. “Selama kegiatan berlangsung, kita libatkan sinergitas semua pihak, agar hasilnya lebih maksimal,” jelas Danramil.

 

Lanjut Danramil Tipe B 0804/01 Magetan, melalui PSN Babinsa kelurahan Selosari memberikan sosialisasi mengenai kesadaran masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

 

“Kami berharap setelah kegiatan Sosialisasi PSN ini, ada kesadaran masyarakat untuk melakukan kegiatan PSN secara mandiri serta melakukan kegiatan 3M Plus,” jelas Danramil.

 

Langkah 3M Plus, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat penampungan air, mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus DBD pada manusia.

 

Lalu Plus yang dimaksud diantaranya, menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk, memeriksa tempat-tempat yang digunakan untuk penampungan air, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi yang ada di rumah, serta masih banyak gerakan plus lainnya. pungkas Kapten Arm Khoirudin.(R 01)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.