Magetan. – Bicara ketahanan pangan adalah bicara kekuatan negara dan bangsa, Ucap Babinsa Sertu Suyoto Koramil Tipe B 0804/09 Sukomoro jajaran Kodim 0804/Magetan, melaksanakan Kegiatan Pendampingan hanpangan kepada Petani . Rabu (25-9-2024)

 

Menurut Sertu Suyoto, kekuatan lain akan hanya punya peran dan fungsi yang kuat kalau ketahanan pangannya berjalan dengan baik. Oleh karena itu, sangatlah penting peran ketahanan pangan dan kekuatan negara dalam menyiapkan makanan rakyat Indonesia. Sertu Suyoto yakin bahwa Indonesia sebagai negara yang besar memiliki kekuatan karena didukung sumber daya alam seperti pantai, dataran rendah, bukit, dan gunung yang memiliki potensi dalam memperkuat ketahanan pangan Indonesia.

 

Babinsa Sertu Suyoto menyampaikan perlunya tata kelola ketahanan pangan yang tepat dengan tujuan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang ketahanan pangan. Semua menjadi potensi kita dalam memperkuat ketahanan pangan dalam rangka menjaga kehidupan negara yang lebih besar kedepan Dengan adanya potensi tersebut dan mengingat Indonesia sebagai negara agraris yang dilintasi garis khatulistiwa.

 

Pada kesempatan tersebut, Sertu Suyoto juga menyampaikan bahwa pada saat musim kemarau tiba sangat berdampak pada ketahanan pangan di wilayah binaanya, seperti terganggunya produksi pertanian akibat terbatasnya pasokan air di sebabkan musim kemarau sehingga terganggu pergerakan petani dalam mengerjakan lahan pertanian, dan  terganggunya distribusi pangan karena hasil panen yang kurang maksimal.

 

Untuk mengatasi hal tersebut, Kementan bekerja sama dengan TNI  menjalankan beberapa kebijakan yaitu meningkatkan sarana Pertanian seperti Pompa air untuk mengatasi kesulitan air pada saat kemarau guna mendukung produktivitas hanpangan, memperlancar distribusi pangan, mempermudah akses transportasi.

 

Terakhir Kementan bersama TNI berusaha melakukan pengembangan pertanian modern seperti pengembangan dan produksi komoditas hortikultura di luar musim tanam. Pungkas Sertu Suyoto (R 09)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.